APPLICATION LAYER


Aplikasi yang ada didunia ini sangat banyak, namun kali ini saya membahas browser HTTP dan E-mail.
            HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) merupakan client server protocol, artinya harus ada client dan harus ada server. Jadi saat kita browsing berarti kita melakukan akses ke server. Biasanya yaitu menggunakan web browser dari sisi client misalnya memakai internet explorer,crome dan sebagainya ke web server. Koneksi yang digunakan TCP connection harus reliable. Data yang dikirim oleh server ke kita harus pasti dan akurat, tidak ada kesalahan apapun. HTTP bersifat stateless, yaitu setiap transaksi bersifat independent. Jenis dokumen yang kita akses saat kita browsing ada 3 macam :
a.       Static     : Memiliki tampilan yang sama apabila kita melakukan akses secara bersamaan ( tidak ada proses ).
b.      Dynamic :  Mengirim dokumen sesuai login masing-masing. Dan yang melakukan proses adalah server.
c.       Aktif      : Client yang melakukan prosessing. Seperti halnya saat kita bermain Game Online, game online hanya akan mengirimkan posisi dari client/orang-orang yang ada di game tersebut. Dan masing-masing diproses di PC nya masing-masing. Masing-masing client hanya mengirimkan ke server, server mengirimkan secara broadcast ke semua user.

E-MAIL

            Konsep E-mail sama seperti kita mengirim surat. Kantor post didunia internet disebut SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) berfungsi sebagai server. Pada awalnya pengiriman data lewat email hanya bersifat teks message, tetapi dengan bertambahnya teknologi yang bernama MIME ( Multipurpose Internet Mail Extention ) kita dapat mengirim image, video, audio, dst. Yang terpenting pengiriman email melalui protocol TCP/IP, seperti HTTP jadi harus akurat. Dan ada protokol untuk pengiriman data, protokol ini melihat hidder dari sisi email,. Hidder itu berisi alamat penerima dan subjek. Menggunakan port 25 koneksinya TCP,sedangkan HTTP menggunakan port 80.

Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU