DNS (DOMAIN NAME SERVER)



A.    PENGERTIAN
DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) didalam jaringan komputer. Misalnya internet, didalam DNS aturannya adalah top level domain (com,net,org,edu). DNS sudah menyiapkan domain-domain, urutan sampai 128, artinya kita bisa membuat nama domain dengan jumlah titik sampai dengan titik 128.

B.     CARA KERJA DNS
1.       DNS data ( resource-record ) merupakan data-data yang berisi nama domain dan IP terhadap nama domain nama tersebut untuk database.
2.       Server secara fisik harus ada server yang terkoneksi jaringan dan memiliki IP Address. Sekaligus mencari domain pada cache.
3.       Protokol digunakan supaya semua data-data dalam DNS bisa di akses oleh semua device. Aturan yang terpenting adalah tidak ada satu device hanya ada DNS saja diseluruh dunia.

C.     PROSES


Ketika DNS client akan melakukan browsing ke example.microsoft.com, jika belum pernah melakukan dan belum mengetahui alamat IP example microsoft.com, maka client harus bertanya kepada DNS server. Selanjutnya masing-masing akan mengirimkan IP-nya. Apabila sudah pernah mengakses ke example.microsoft.com, maka Device/PC cukup bertanya ke DNS saja, karena DNS sudah mengetahui IP addressnya. Jadi akan lebih cepat pencarian dari suatu domain.




Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU