Komunikasi Data

Assalamualaikum wr.wb

Sebelumnya saya telah memperkenalkan apa itu komunikasi data, kali ini merupakan kelanjutannya mari kita simak seperti berkut :

Data komunikasi sebenarnya adalah kombinasi dari dua teknik, yaitu ; telekomunikasi dan data prosesing atau yang kita lebih kenal sebagai sistem komputer. Komponen dari data komunikasi seperti halnya komponen pada sistem komunikasi, karena hampir tidak ada bedanya antara data komunikasi dengan sistem komunikasi. Komponen-komponennya yakni :

1.      Source
2.      System transmisi
3.      Receive

Model Data Komunikasi
           
Adanya sumber informasi atau data, lalu  data tersebut diubah menjadi bentuk digital contoh misalnya pulsa dll. Data tersebut diberikan pada transmetter kemudian menjadi signal yang bisa dimengerti oleh media yang membawahnya. Jadi kalau media tersebut adalah serat optik maka signal transmetter berupa cahaya, untuk dibawa ke penerima (receiver). Kemudian penerima mengembalikannya menjadi bentuk digital kemudian diubah kembali menjadi bentuk asalnya.

Karakteristik Data Komunikasi
  1. Fasilitas data komunikasi harus mempunyai kemampuan untuk memberikan transmisi kecepatan  tinggi untuk berkomunikasi dengan berbagai macam komputer.
  2. Data network dari data komunikasi biasanya dilakukan melalui jaringan data, tetap agak berbeda dengan komunikasi pada umumnya.
 


Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU