ARP, RARP & DHCP



 A.    Pengertian

DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol ) adalah salah satu protocol pada jaringan komputer yang dapat memberikan/meminjamkan IP address terhadap host yang berada dalam satu jaringan secara otomatis. Setiap device pasti melalui OS yang memiliki taraf untuk menyetting IP Address tersebut. Hal itu simple tapi ada problem. Apabila suatu perusahaan yang memiliki device sampai ribuan bisa disetting satu persatu, namun perlu banyak tim IT. Oleh karena itu perlu dicari cara yang simple dan lebih otomatis. Sehingga pada saat device tersebut disambungkan ke network/jaringan/connect WIFI otomatis akan mendapat IP Address tersebut.
     
     B.    Dasar-dasar DHCP

Sebelum masuk DHCP terdapat beberapa aturan untuk mendapatkan atau mendokumentasikan IP address dalam setiap jaringan.
·         ARP ( Address Resolution Protocol ) berfungsi memetakan IP Address menjadi MAC Address, yang merupakan penghubung antar data-link layer dan IP layer pada TCP/IP
·         RARP ( Reverse Address Resolution Protocol ) adalah protokol jaringan usang komputer yang digunakan oleh komputer host untuk memita perusahaan Internet Protocol ( IPv4 ) alamat dari suatu host administrasi, ketika telah tersedia link layer atau alamat perangkat keras, seperti MAC Address.

     C.     Proses DHCP

·        Discovery
·        Request
·        Response
·        Release

Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU