ETHERNET


       Ethernet  adalah suatu protocol komputer dapat berkomunikasi di dalam local area network (LAN). Ethernet merupakan standart atau ketentuan baku yang dipakai oleh semua, karena kemudahan reabilitasinya. Ethernet memiliki kehandalan yang tinggi, oleh karena itu ethernet merupakan protocol yang banyak dipilih oleh LAN. Ethernet biasanya digunakan untuk UTP. Kemudian dengan perkembangan lebih lanjut, Ethernet didesain untuk dapat melayani Fiber Optik. Perangkat yang digunakan untuk menyambung ke Ethernet memerlukan Network Interface Card ( NIC ) yang menyambungkan komputer ke jaringan. Sebelumnya LAN mempunyai beberapa macam protokol atau standar yang satu dengan yang lain tidak bisa saling berkomunikasi dan memerlukan suatu perangkat yaitu internetworking. Namun dengan berkembangnya waktu standar tersebut memberi kemudahan dalam penyambungan. Oleh karena itu sekarang ethernet merupakan protokol yang banyak dipilih untuk LAN.Protokol arsitektur ethernet itu sebetulnya untuk LAN mendukung 2 layer dibawanya yaitu :
1. Physical layer
Dalam ethernet physical layernya mengunakan kabel UTP. bertugas melakukan Encoding, decoding, membuat preambel, menerima transmisi dan menyambungkan ke jaringan.

2. Data link
Pada data link layer ada 2 Sub layer, yaitu :
a) Media Akses Control (MAC)
  Yang sangat dekat dengan physical layer, jadi secara fisik melalui utp dan beberapa kabel yang lain. MAC ini yang dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada perubahan data apapun pada layer yang diatasnya. Fungsi MAC adalah sebagai transmisi dan receiver data dan mengecek gangguan yang terjadi dan mendektesi adanya error atau tidak.
b) Logical Link Control (LLC)
  Sinyal yang dikirimkan akan masuk ke LLC. Kemudian LLC akan mengirimkan kepada network layer untuk dikirimkan ke ethernet.
Standart Ethernet yang paling populer, sederhana dan relatif ekonomis. Internet yang pertama kali kecepatannya 10 MBps, namun sekarang sudah tidak dipergunakan. Yang digunakan sekarang adalah 100 MBps yang merupakan standart dari LAN yang digunakan, kecepatan yang paling tinggi 1 GBps.

Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU