INTRANET


    Intranet terdiri dari beberapa jaringan local area network (LAN). Intranet sebetulnya digunakan pada perusahaan untuk menyambungkan beberapa LAN dari perusahaan tersebut. Intranet merupakan perkembangan dari LAN. Kalau LAN pada dasarnya penyambungannya hanya satu, sedangkan intranet yaitu beberapa LAN disambungkan tetapi masih dibawa pengawasan dari satu perusahaan. Intranet memiliki cangkupan yang terbatas seperti lokasi, bangunan dan lantai.
                Topologi yang digunakan untuk pengunaan intranet adalah bus, tree, ring, dan star. Namunsaat ini, topologi bus dan ring hampir tidak ada yang mengunakannya. Jaringan yang umum sekarang adalah star. Sambungan topologi star yaitu setiap komputer akan disambungkan ke pusat kendali yaitu switch.
                               


     Media yang digunakan untuk penyaluran pada LAN yang tersedia adalah UTP yang biasanya kategori 5 (Cat 5), media ini ini  bisa melayani sampai 100 Mbps.  Kalau menginginkan kecepatan yang lebih tinggi biasanya mengunakan serat optic walaupun lebih mahal. LAN memiliki suatu Standar yang digunakan. Standar tersebut yang dinamakan standar IEEE(Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang sudah dispesifikasi untuk LAN. 
                             


Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU