Model TCP/IP

Assalamualaikum wr.wb

Haii, yuk simak materi TCP/IP berikut !


TCP/IP dikembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) untuk jaringan paket disebut ARPANET. ARPANET merupakan penelitian dari lembaga lembaga untuk kepentingan pertahanan. Namun untuk saat ini dibuka dengan nama INTERNET. TCP/IP ada yang menggunakan 4 layer dan 5 layer.

Physical layer adalah physical interface dari paket data transmisi dari komputer tersebut yang merupakan spesifikasi secara mechanical, electrical, functional dan procedural. Kemudian network acces layer merupakan layer yang menjadi tempat proses pertukaran data. Adanya akses dan spesifikasi dari perangkat yang dituju (destination) address atau yang lebih dikena dengan MAC Address (Media Access Control Address).

Kemudian internet layer merupakan layer yang bertugas menentukan rute yang harus diambil untuk mencapai tempat tujuannya.     


Kemudian adalah transport layer, ini yang kita kenal dengan TCP, 2 layer yang utama,
1.       IP merupakan yang mencari jalan agar informasi dapat diubah menjadi paket dan sampai ke tujuan. Jadi setiap perangkat di network, mempunyai network address yang dinamakan IP Address.
2.       Lalu pada perangkat itu sendiri juga memiliki alamatnya yaitu MAC Address. Nah, transport layer memiliki fungsi mengirimkan data ke aplikasi sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi. Jadi transport layer memastikan bahwa informasi tsb berjalan dengan baik, jika ada kesalahan maka transport layer meminta kembali informasi pada pengirim.
3.        
4.       Selanjutnya adalah Port address yang Menentukan aplikasi mana yang kita kehendaki (email, web server, dll).


                Pada layer paling bawah, OSI dan TCP/IP memiliki physical layer, pada network acces layer (TCP/IP) mencakup data link layer dan separuh sub dari network layer milik OSI. Sedangkan internet layer pada TCP/IP mencakup separuhnya lagi dari network layer-nya OSI. Transport (host-to-host) TCP/IP mencakup transport layer dan separuh session layer milik OSI. Dan Application layer pada TCP/IP mencakup separuh sub session layer, presentation layer, dan application layer pada OSI. 

Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU