SECURITY


Security merupakan suatu informasi/infrastruktur yang bisa diakses secara baik, bukan dalam hak pencurian dan juga bila terjadi distraction/eror bisa tetap ditolerir. Penjelasan lain dari security ialah keadaan kesejahteraan informasi dan infrastruktur dimana kemungkinan berhasilnamun tidak terdeteksi pencurian, ganguan, gangguan informasi dan layanan tetap rendah/lumayan. Biarpun kita memastikan tidak ada virus di PC kita dari sisi security intinya adalah tolerable atau low. Jadi kalau terkena virus, virus tersebut bisa di antisipasi.
·         KOMPONEN
A.    Confidentiality      : Keamanan informasi yang hanya dapat diketahui serta diubah oleh yang bersangkutan kecuali informasi tersebut dibocorkan atau divovol oleh pengguna lain yang tidak berhal atas informasi tersebut. Untuk menjaga data kita tetap confidential menggunakan kriptografi atau dengan cara diacak. Kriptografi itu sendiri memiliki fungsi, yaitu kalau data tersebut sampai ke tangan orang lain pun karena atanya bersifat kata-kata atau acak mereka pun tidak dapat mengerti isinya. Sehingga aman apabila jatuh ke tangan orang lain.
B.          Integrity  : Keamanan informasi yang menjamin pengguna dapat mengakses informasi serta menjaga dari kerusakan atau ancman lain yang mengakibatkan perubahan informasi. Intergrity dalam pengertian lain yaitu memastikan bahwa informasi masih membutuhkan aturan dan belum dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak.
C.      Avaibility  : Keamanan informasi menjamin pengguna dalam mengakses informasi kapanpun tanpa adanya gangguan. Avaibility meyakinkan bahwa pengguna memiliki kesempatan dalam mengakses pada suatu informasi.

Ketiga komponen tersebut harus saling berbagi. Contohnya confidentiality jika kita mau data kita aman jika aman berarti semua orang tidak boleh lihat,berarti dari sisi availability tidak ada. Supaya orang lain bisa lihat kita buka pakai server data tersebut boleh berubah,tetapi harus terintegrasi berarti datanya yang merubah adalah yang bersangkutan.

·         ANCAMAN
1.       Flow in design ( desain yang kuran bagus )
2.       Di sisi implementasi
3.       Di sisi infrastructure

·         PENANGGULANGAN
Cara menaggulangi ancaman dari sisi security
1.Information Protection
Data kita acak supaya biarpun orang lain bisa akses tetapi tidak bisa melihat secara valid/detail.
2.Software Controls
Contoh dari software controls adalah firewall,antivirus dst.
3.Hardware Controls
Contoh menggunakan finger scan ketika mau akses
4.Aturan(Protokol)
5.Physical Control
Dari kelima cara ini harus sama-sama dijalankan agar data aman.

Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU