WIRELESS LAN



A.    PENGERTIAN
Wireless LAN merupakan pengembangan dari kabel, yaitu menggunakan gelombang udara. Protocol yang digunakan adalah IEEE 802.11, itu merupakan teknologi yang paling cepat berkembang saat ini dan speednya pun bertambah dengan cepat. Speed nya hampir menyamai koneksi kabel. Dan memeliki kelebihan praktis tanpa perlu menarik-narik kabel.

B.      SPESIFIKASI
                 

Memiliki data transfer rate, frequency dan compability. Bisa terjadi kalau menggunakan frekuensi yang sama, misalkan 802. 11b+ compatible dengan 802.11b, 802. 11b compatible dengan 802. 11g, 802.11g compatible dengan 802. 11b. Masing-masing saling compatible, karena freskuensinya sama yaitu 2.4GHz. sedangkan 802. 11 a menggunakan 5GHz berbeda sendiri, hanya bisa menggunakan protokol device yang sama. Berbeda dengan 802. 11b+, 802. 11b, 802. 11g bisa saling tukar menukar device nya. Yang pasti mengikuti transfer rate yang rendah.

C.     TYPE PENYAMBUNGAN

1.       Basic Server Set(BSS) : yaitu bisa connect antara laptop satu dengan yang lain menggunakan wireless dari laptop.
 


2.      Access Point(AP) : yang kita kenal dengan Wireless router, masing-masing wireless router tersebut. Tapi masih belum bisa akses internet. Akan bisa akses jika wireless router tersebut terhubung dengan router lain yang digunakan untuk menkoneksi ke dunia internet. 


3.      Extended Service Sets (ESSs) :    yaitu kita bisa buat semua wireless-wireless tersebut  device yang terhubung dengan WiFi untuk bisa akses internet dengan cara wireless router yang terkoneksi dengan internet.
 


D.      KOMPONEN
1.       Memiliki client            : Memiliki protokol yang sama
2.       Antena                        : Merupakan hal yang paling penting, beguna untuk membantu menguatkan sinyal. Biasanya menggunakan antena eksternal untuk menjangkau jarak yang jauh
3.       Access Point   : Memiliki beberapa tipe, yaitu enterphase access point untuk bisa connect ke internet, Residential Gateway, Access Server ( Public Access ), Outdoor ( Luar Ruangan )

Security issue sangat penting pada wireless untuk menjaga keamanan, karena tidak diketahui siapa saja yang akses dan bagaimana cara aksesnya. Security issue ini masih berhubungan dengan Access Control. Jadi begitu masuk ke wireless harus memiliki connection berupa username atau password. Dengan mendaftar MAC Address atau Physical Address didalam wireless routernya. MAC Address tertentu yang bisa tersambung ke wireless router tersebut. Apabila pengguna banyak itu menjadi tidak efisien. Lebih simpel lagi jika kita menggunakan WEP ( Wired Equivalen Privacy ).






Comments

Popular posts from this blog

MATERI BAHASA JAWA - TEKS ANEKDOT

Tutorial merancang jaringan 3 lantai

TUTORIAL ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK DENGAN VIRTUALBOX DI UBUNTU